5 Instrumen Investasi untuk Pemula yang Aman dan Menguntungkan

5-Instrumen-Investasi-untuk-Pemula-yang-Aman-dan-Menguntungkan
Foto dari Canva

Memulai investasi sedini mungkin akan membawa keuntungan besar bagi Anda sebagai pemilik dana. Jika sudah paham profil risiko dan tujuan investasi maka tak ada alasan untuk menunda investasi. Banyak instrumen investasi tersedia untuk dijadikan pilihan sesuai faktor risiko dan tujuan. Kali ini akan dibahas instrumen investasi untuk pemula yang dinilai paling aman dan menguntungkan.

Instrumen Investasi

Salah satu poin penting yang harus dipikirkan saat akan memulai investasi adalah pilihan instrumennya. Instrumen yang digunakan harus tepat dan aman bagi pemula yang mungkin masih sembari belajar. Berikut ini adalah 5 pilihan bentuk instrumen investasi yang dinilai paling cocok bagi para investor pemula:

Read More

1. Emas

Pemula bisa mulai dulu dari bentuk investasi yang konvensional dan paling diminati oleh banyak orang sepanjang masa. Investasi emas dinilai menguntungkan karena mudah, fleksibel, dan nilainya cenderung stabil. Jenis investasi ini cocok bagi Anda yang memiliki profil risiko rendah dan ingin bentuk investasi yang aman-aman saja tanpa fluktuasi berlebihan.

Saat ini investasi emas juga sudah semakin mudah untuk dilakukan. Investor bisa memanfaatkan platform investasi online untuk mengelola dana investasinya dalam bentuk instrumen emas. Bahkan sekarang investasi ini bisa dilakukan dengan metode cicilan atau tabungan sehingga modalnya pun sangat fleksibel.

2. Reksadana

Berikutnya ada instrumen reksadana yang juga dinilai sangat cocok bagi pemula. Reksadana merupakan wadah menghimpun dana dari investor atau pemodal untuk kemudian dikelola oleh manajer investasi. Dana ini nantinya akan dialokasikan pada beberapa instrumen investasi sesuai dengan kesepakatan antara manajer dan investor.

Mengapa direkomendasikan untuk pemula? Jenis investasi ini mendapatkan dukungan penuh dari manajer investasi. Artinya investor tak akan bekerja sendiri dalam mengelola dana atau uang yang dimiliki. Dengan begitu risiko kerugian akan jauh lebih kecil dan peluang untungnya lebih besar karena dana dikelola oleh manajer investasi yang profesional.

3. Deposito

Bentuk investasi untuk pemula yang juga dinilai aman adalah deposito. Sama halnya seperti investasi emas, bentuk deposito ini juga cukup konvensional. Meskipun begitu deposito masih dianggap sebagai instrumen investasi yang cukup menguntungkan. Apalagi deposito ini sangat aman karena dana akan disimpan oleh bank dan tidak bisa diakses dalam jangka waktu tertentu.

4. P2P Lending

Berikutnya ada jenis investasi P2P lending yang juga dianggap cocok bagi pemula. Instrumen investasi ini akan mempertemukan investor sebagai pemberi pinjaman dan pihak lain sebagai peminjam. Pinjaman uang ini dilakukan tanpa melalui layanan perbankan dan biasanya dilakukan secara online.

Biasanya P2P lending ini digunakan untuk membantu UMKM yang sedang berkembang dan butuh tambahan modal. Anda bisa dengan mudah melakukan investasi P2P lending ini lewat fitur fintech yang mudah ditemui sekarang. Risikonya juga cenderung rendah dan keuntungannya bisa sangat memuaskan.

5. Saham

Perlu diketahui dulu bahwa jenis investasi ini cukup memberikan risiko yang besar. Namun instrumen ini juga sangat direkomendasikan bagi para pemula. Prospek keuntungannya sangat menjanjikan dan sekarang investasi saham sudah semakin mudah dilakukan. Anda bisa membeli dan menjual saham secara online serta modal untuk berinvestasi di instrumen saham kini juga semakin terjangkau.

Tentukan pilihan instrumen investasi Anda berdasarkan profil risiko yang dimiliki. Setelah menemukan jenis investasi untuk pemula yang dirasa paling tepat, mulailah menyerahkan modal. Jangan lupa lakukan juga diversifikasi dengan menggunakan lebih dari satu instrumen. Misalnya, Anda berinvestasi dalam bentuk saham dan peer to peer lending agar jumlah profitnya lebih optimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.